GAMBARAN SEBELUM MENITI KARIR MENJADI SEORANG PERAWAT

GAMBARAN SEBELUM MENITI KARIR MENJADI SEORANG PERAWAT

Mengapa harus jadi perawat..?apakah menjadi perawat itu menyenangkan? Mungkin ini salah satu pertanyaan yang sering muncul ketika lulus dari SMA, SMK, STM nanti mungkin setelah membaca pebjelasan di bawah ini akn memberi masukan kemana teman-teman atau adek adek ingin melanjutkan pendikan,bahkan jika sudah ada niat menjadi perawat semakin mantap.
Menjadi perawat jika dilihat dari prospek dan peluang kerja pada dasarnya Peluang kerja sangat terbuka lebar untuk profesi Keperawatan. Baik dalam maupun luar negri. Anda bisa bekerja dimana saja.Seperti, di Rumah Sakit, Klinik,Puskesmas, Dinas Kesehatan, di Kementrian Hukum dan HAM, di Badan Penanggulangan bencana, Palang Merah Indonesia, di Kepolisian, TNI, sebagai Dosen, perusahaan, BUMN dan dimana saja, selagi orang masih mengalami sehat dan sakit bahkan dengan undang undang keperawatan yang baru ini perawat dapat melakukan / membuka praktek mandiri hebat bukan.

Jama dulu perawatbmendapatkan julukan Malaikat takbersayap,malaikat bertopi putih,malaikat berseragam putih,malaikat bersepatunyaman malaikat yang selalu tersenyum, pujian-pujian itu muncul karena keikhlasan dalam bekerja dan efek yang di terima oleh pasien intinya Menjadi Perawat adalah pekerjaan mulia. Anda akan dihargai oleh siapa saja, jika mampu memberikan pelayanan terbaik bagi pasien.bahkan di kalangan anak anak muda melenial saat ini jargon merayu calon mertua saja sangat berkesan "merawat pasien aja serius ikhlas apa lagi merawat hati kamu eeeeya".

Perawat membuat perbedaan dalam kehidupan masyarakat kenapa demikian karena tugas kita adalah Merawat orang dan membantu orang lain menjalani kehidupan kearah yang sehat itu sangat memuaskan dan penting bagi diri sendiri dan orang lain.
Apakah ada keahlian lebih spesifik...? Tentu jawabanya ada bukan hanya dokter saja yang memiliki spesialis keilmuan perawat juga saat ini memiliki spesialis kejurusan dan perawat juga tidak semata mata hanya bekerja di klinik ,rumah sakit oerawat juga bisa jadi dosen pembicara dll. Perawat dapat memilih spesialisasi sesuai peminatan. Jika Anda tertarik sebagai Perawat ahli Jantung atau Perawat ahli Maternitas, maka Anda dapat melanjutkan pendidikan ketika peluang muncul,anda juga bisa mengambil jurusan sebagai perawat ahli bedah dll.

Jaringan perawat itu luas kenapa demikian karena perawat berinteraksi dengan orang yang berbeda setiap hari, termasuk pengunjung, pasien, Bidan, Dokter, Apoteker, Analis labor,Fisiotherapis, Ahli Gizi,administrator dan Mahasiswa dan semua itu bkan hanya dari dalam negri bisa dari luar negeri kita berinteraksi.

Untuk jadwal libur bagaiman...? Jadwal dinas perawat itu Fleksibel jika berdinas di rumah sakit baik suasta maupun negeri,kita bisa bekerja 6 jam atau 12 jam sehari jadwal libur tidak harus hari sabtu dan minggu karena perawat itu bekerja per sif pagi sore dan malam hari. Sedikit pemberitauan saja masalah jadwal dinas perawat itu tergantung posisi di struktural rumah sakit jika perawat pelaksana maka jadwal dinas pada umumnya : Pagi dua kali Siang dua kali dan malam dua kali kemudian libur begitu seterusnya jika ada cuti bisa mengajukan cuti tambahan.
Jika perawat itu dalam struktural menjabat sebagai menejer,kepala ruangan , Kepala Tim biasa dinas pagi dan minggu libur. Itu gambaran di rumah sakit namun jika menjadi perawat di instansi pemerintah mungkin akan sedikit berbeda ada tentunya jika di luar rumah sakit seauai kebijakan masing instansi.

Menjadi Perawat sangat menarik dan penuh dengan tantangan . Anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi, setiap kali dinas akan muncul tantangan, butuh reaksi cepat dalam penanganan dan harus cerdas dalam setiap tindakan,perawat harus mampu berfikir cepat menganalisa setiap kasus dalam beberapa menit bahkan detik untuk menentukan tindakan yang harus dilakukan dan tidak lepas dari kerjasama dengan dokter untuk upaya penyelamatan nyawa pasien.

Demikianlah sedikit gambaran apa itu perawat dan seluk beluk menjadi seorang perawat,semoga dapat menambah wawasan dalam menentukan arah karir untuk adik-adik yang sedang dilema mengambil jenjang pendidikan..

Bagikan :
PPNI RSIJ SUKAPURA

Adalah Suatu Organisasi Keperawatan, Yang Di Bentuk Dan Aktif Dalam Bidang Keperawatan Yang Ada Di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura.